Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

1. Umum

  • Q. Apa itu Platform TISERA.ID?
    • A.TISERA.ID adalah suatu platform pasar daring yang merupakan mitra resmi LKPP yang menyediakan beragam kebutuhan barang dan jasa oleh pembeli individu maupun instansi pemerintah, melalui mitra penyedia yang bekerja sama dengan platform TISERA.ID dan dikelola secara profesional dengan infrastruktur terbaik oleh TISERA.ID
  • Q. Apa manfaat menggunakan TISERA.ID?
    • A.Dengan menggunakan TISERA.ID, pembeli individu atau Instansi pemerintah dapat melaksanakan proses PBJ secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel, serta dilengkapi dokumen yang ter standart resmi disediakan oleh TISERA.ID. Sehingga barang/jasa dapat diperoleh dengan tepat dari setiap dana yang dibelanjakan serta pertanggungjawaban atas pembelanjaan didukung oleh dokumen yang lengkap dan ter standart resmi disediakan oleh TISERA.ID.
  • Q. Mengapa harus menggunakan TISERA.ID?
    • A.TISERA.ID merupakan platform yang mudah, lengkap, transparan, dan akuntabel untuk sarana pembelian barang dan jasa mulai dari perlatan elektronik, furniture, ATK, alat peraga, perlengkapan kesehatan, dan lainnya. TISERA.ID merupakan mitra resmi LKPP dan telah mengimplementasikan PMK 58 Tahun 2022, dalam proses transaksinya.
  • Q. Siapa yang saja yang dapat menggunakan TISERA.ID?
    • A.TISERA.ID dapat digunakan oleh :
      1.Penyedia barang dan jasa yang telah terdaftar untuk berjualan sebagai bagian dari TISERA.ID sesuai dengan kebutuhan Instansi maupun perseorangan.
      2.Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dengan menggunakan dana pemerintah untuk melakukan proses pembelian barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.
      3.Pembeli individu / perorangan yang menggunakan pendanaan mandiri dalam melakukan pembelanjaan barang/ jasa.
      4.Sekolah/ Madrasah dengan menggunkan sumber dana selain Dana BOS dalam pembelanjaan barang/ jasa.
  • Q. Dimana bisa mengakses TISERA.ID?
    • A.Layanan TISERA.ID dapat diakses di https://tisera.id dari manapun selama memiliki koneksi internet yang memadai.
  • Q. Kapan waktu yang tepat menggunakan TISERA.ID?
    • A.TISERA.ID dapat digunakan setiap saat karena TISERA.ID adalah platform daring.

2. Pembayaran

  • Q. Apa saja tipe pembayaran TISERA.ID?
    • A.Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening BRI dan Mandiri dengan menggunakan Virtual Account (Close dan Open Payment). Pengecekan pembayaran akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.
  • Q. Apakah pembeli bisa membayar dari beberapa tagihan menjadi satu kali transfer pada TISERA.ID?
    • A.Pembeli tidak bisa membayar dari beberapa tagihan menjadi satu kali transfer, pembayaran harus ditransfer sesuai dengan nomor masing-masing invoice dan jumlah pada invoice tersebut
  • Q. Bagaimana proses perbandingan dapat dilakukan pada TISERA.ID?
    • A.Jika total belanja (tidak terbatas satu barang) >50jt maka pembeli harus melakukan perbandingan dengan ketentuan berikut:
      - 50jt < total belanja < 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 1 merchant pembanding ( 1 merchant utama dan 1 merchant pembanding)
      - total belanja > 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 2 merchant pembanding( 1 merchant utama dan 2 merchant pembanding)
      - jika perbandingan berupa paket maka harus dengan list barang yang sama
      (misal pembeli ingin membeli paket A (laptop, printer mouse), maka semua produk dalam 1 paket harus dilakukan perbandingan

      Langkah - langkah untuk melakukan perbandingan adalah sebagai berikut:
      1.Setelah keranjang belanja mencapai 50 juta akan muncul popup notifikasi untuk melakukan perbandingan
      2.Silahkan klik "Bandingkan penyedia" pada popup notifikasi untuk berpindah ke halaman perbandingan produk
      3.Klik "Buat perbandingan" untuk membuat perbandingan pada transaksi yang diinginkan
      4.Kemudian, cari penyedia pembanding yang diinginkan dengan cara menulis nama penyedia dalam search bar untuk dimasukkan dalam list perbandingan
      5.Setelah itu, klik "Cari barang" untuk memilih produk dari penyedia pembanding yang ingin dijadikan sebagai produk pembanding
      6.Klik "Tambahkan ke perbandingan" pada produk yang diinginkan sebagai pembanding
      7.pembeli dapat mendownload perbandingan untuk melihat keseluruhan perbandingan produk dengan klik "Download Perbandingan"
      8.Lalu, klik "Pilih penyedia" pada produk yang ingin dibeli untuk diteruskan ke penyedia
      9.Kemudian, pembeli dapat melakukan nego dengan klik "Nego" dan set harga atau langsung membeli produk yang diinginkan dengan klik "Beli Sekarang" Video tutorial Perbandingan Produk dapat dilihat pada link: https://youtu.be/-7_w6HNnXN4
  • Q. Bagaimana proses negosiasi yang dapat dilakukan pada TISERA.ID?
    • A."Langkah - langkah negosiasi:
      1.Pembeli membeli produk yang diinginkan
      2.Pada keranjang belanja, klik tombol berwarna hijau bertuliskan ""Nego"" akan muncul popup notifikasi nego
      3.Kemudian, masukkan harga nego per produk dan catatan untuk penjual lalu klik kirim pada popup notifikasi
      4.Setelah semua produk selesai di inputkan harga nego, klik ""Kirim Nego"" dan negosiasi akan terkirim
      5.Kemudian masuk ke tab nego pada keranjang belanja, disana akan terlihat harga nego yang pembeli tawarkan dan penyedia inginkan
      6.Apabila harga belum sesuai pembeli dapat mengirim nego lagi dengan klik ""Nego"" dan mengirimnya kembali ke penjual, apabila pembeli sudah sesuai dengan harga “Nego” dari Pembeli dapat klik “Terima Nego”.
  • Q. Dokumen apa saja yang akan diterima sebagai bukti pembayaran?
    • A.Dokumen yang akan diterima setelah pembayaran adalah sebagai berikut: Invoice Pembayaran yang dipersamakan sebagai faktur pajak dan kwitansi.
  • Q. Siapa saja yang menjadi partner pembayaran TISERA.ID?
    • A.Partner Pembayaran TISERA.ID adalah Bank BRI dan Bank Mandiri

3. Logistik / Pengiriman?

  • Q. Metode pengiriman di TISERA.ID
    • A.TISERA.ID menyediakan fitur pengiriman sendiri oleh Penjual.
  • Q. Di mana saja lokasi yang dapat dijangkau layanan TISERA.ID?
    • A.Lokasi yang dapat dijangkau oleh layanan TISERA.ID seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Q. Berapa lama waktu pengiriman pesanan hingga sampai ke pembeli dengan menggunakan TISERA.ID?
    • A.Waktu pengiriman pesanan bergantung pada pemilihan layanan, jarak, dan Penjual
  • Q. Apa yang harus dilakukan setelah transaksi berhasil dan barang sudah diterima?
    • A.Pembeli wajib melakukan pengecekan pesanan apakah sudah sesuai atau belum, jika sudah sesuai maka pembeli wajib membuat e-BAST, melakukan pembayaran, yang kemudian akan diteruskan ke Penyedia.

4. Perpajakan

  • Q. Siapa yang membayar pajak ketika terjadi pembelian di TISERA.ID?
    • A.Pembayaran Pajak dipotong, dipungut, dibayar, dan dilaporkan oleh TISERA.ID
  • Q. Bagaimana sistem pemungutan pajak ketika melakukan transaksi di TISERA.ID?
    • A.Setiap transaksi untuk barang kena pajak akan dikenakan PPN, dan PPh Pasal 22, dikecualikan untuk pembelanjaan barang/ jasa oleh instansi pemerintah dengan dana hibah/CSR lewat skema pembayaran langsung.
      Penyelesaian Perpajakan dilakukan oleh TISERA.ID
      nvoice Pembayaran dipersamakan sebagai faktur pajak dapat di unduh Pembeli setelah status pesanan sudah selesai
  • Q. Apakah semua barang di TISERA.ID sudah termasuk pajak?
    • A.Barang dagangan yang sesuai dengan peraturan perpajakan akan dikenakan pajak, barang yang terpasang di TISERA.ID adalah barang yang sudah dikenakan pajak

5. Denda

  • Q. Bagaimana mekanisme pengenaan denda pada Pengadaan di TISERA.ID?
    • A."Mekanisme pengenaan denda merujuk pada Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018.
      Pengenaan denda dilakukan dengan adanya kesepakatan antara pembeli dan Penyedia sebelum melakukan transaksi barang dan jasa dan dilakukan di luar sistem"

6. Kendala Teknis

  • Q. Mengapa tidak dapat melakukan login?
    • A.Gagal login yang dialami oleh pembeli dapat terjadi karena:
      - Salah memasukkan email
      - Salah memasukkan password/lupa password
      - Server TISERA.ID sedang mengalami gangguan atau server Dapodik sedang dalam perbaikan
      Jika masih belum bisa, mohon hubungi customer care TISERA.ID di WA 0811 2957 872, email: [email protected]
  • Q. Bagaimana cara melakukan filter produk berdasarkan kategori produk pada TISERA.ID?
    • A.Filter dilakukan dengan menggunakan shortcut gambar pada halaman utama atau dengan mencari item pada kolom pencarian lalu memilih kategori produk yang diinginkan
  • Q. Apa yang harus dilakukan jika ada fitur yang tidak muncul pada TISERA.ID?
    • A.Langkah pertama dapat dilakukan adalah refresh browser atau clear cache, dan memastikan koneksi internet yang digunakan dalam keadaan baik.
      Jika masih mengalami kendala yang sama, silakan menghubungi nomor kontak WA 0811 2957 872 atau email [email protected]
  • Q. Dimana bisa mengakses pusat bantuan TISERA.ID?
    • A.Pusat bantuan TISERA.ID dapat dihubungi melalui tisera.id via email [email protected], WA 0811 2957 872.